Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa mengalami peningkatan signifikan setelah penerapan permainan Bintang beralih . Pada Pra-Tindakan, hanya 50% siswa yang memiliki minat belajar tinggi dalam pembelajaran gerak lokomotor. Setelah Siklus 1, angka ini meningkat menjadi 65%, dan pada Siklus 2, minat belajar siswa mencapai 80%. Selain itu, hasil tes keterampilan menunjukkan peningkatan rata-rata skor dari 65 (Pra-Tindakan) menjadi 75 (Siklus 1) dan meningkat lagi menjadi 85 (Siklus 2). Hasil observasi dan wawancara juga menunjukkan bahwa siswa lebih aktif, antusias, dan menikmati pembelajaran dibandingkan dengan metode konvensional. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa permainan Bintang beralih efektif dalam meningkatkan minat belajar dan keterampilan gerak lokomotor siswa. Oleh karena itu, disarankan agar metode ini diimplementasikan secara lebih luas dalam pembelajaran PJOK, khususnya dalam materi gerak lokomotor, untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan, interaktif, dan efektif bagi siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2025