Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar lari jarak pendek melalui penggunaan media pembelajaran yang dimodifikasi pada siswa kelas III SDN Jagalan 1 Kota Kediri. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya pemahaman dan keterampilan siswa karena kurangnya variasi media belajar yang menarik. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus, yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Jagalan 1. Data dikumpulkan melalui observasi, tes unjuk kerja, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang dimodifikasi, seperti alat bantu visual dan permainan interaktif, dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan gerak siswa. Pada siklus I terjadi peningkatan, namun belum mencapai target. Setelah perbaikan di siklus II, sebagian besar siswa berhasil mencapai nilai di atas kriteria ketuntasan minimal. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dimodifikasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar gerak dasar lari jarak pendek. Guru PJOK disarankan untuk menggunakan pendekatan pembelajaran yang inovatif guna meningkatkan kemampuan siswa
Copyrights © 2025