Penelitian ini bertujuan untuk menilai keterampilan gerak dasar berlari, melompat, dan meloncat di antara siswa kelas tiga di SDN Jagalan 1 Kediri pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart, yang terdiri dari dua siklus: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini mengukur keterampilan siswa tanpa intervensi pengajaran khusus. Subjek penelitian adalah 28 siswa kelas tiga. Data dikumpulkan melalui observasi, tes keterampilan, dan wawancara dengan guru olahraga. Tes tersebut mengukur kecepatan dan koordinasi saat berlari, jarak dan keseimbangan saat melompat, serta tinggi dan kekuatan saat melompat. Data dianalisis dengan membandingkan hasil tes dari kedua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Pada siklus pertama, keterampilan berlari berada pada angka 47%, melompat pada angka 43,3%, dan melompat pada angka 47%. Pada siklus kedua, keterampilan tersebut meningkat menjadi 95%, 87%, dan 95%. Faktor-faktor yang memengaruhi keterampilan tersebut antara lain koordinasi tubuh, pengalaman beraktivitas fisik, dan dukungan lingkungan. Studi ini memberikan wawasan tentang keterampilan gerak siswa, membantu guru merancang strategi pembelajaran yang lebih baik dan sekolah mengembangkan program olahraga yang lebih efektif.
Copyrights © 2025