Kesadaran hidup sehat sejak dini sangat penting untuk membentuk pola hidup sehat yang berkelanjutan. Namun, banyak siswa sekolah dasar yang belum memiliki pemahaman yang cukup tentang gaya hidup sehat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pembelajaran gaya hidup aktif dalam meningkatkan kesadaran hidup sehat pada siswa kelas 2 SDN Datengan 2. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus yang melibatkan 15 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman dan kesadaran siswa tentang hidup sehat setelah diterapkannya pembelajaran berbasis aktivitas fisik dan pengalaman langsung. Pembelajaran berbasis aktivitas fisik terbukti lebih efektif dibandingkan metode konvensional dalam meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga kesehatan. Penerapan pembelajaran gaya hidup aktif dapat meningkatkan pemahaman dan perubahan perilaku siswa terhadap hidup sehat. Dukungan dari lingkungan sekolah dan keluarga sangat penting untuk memastikan keberlanjutan kebiasaan sehat ini
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025