Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh saluran distribusi dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran usaha gula aren di Kecamatan Rambah. Populasi penelitian terdiri dari 58 pemilik usaha gula aren, dengan teknik sampling sensus (jenuh), sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah saluran distribusi (X1) dan orientasi pasar (X2), sementara variabel terikatnya adalah kinerja pemasaran (Y). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, dan wawancara. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa nilai thitung untuk saluran distribusi adalah 1,764, sedangkan orientasi pasar sebesar 3,188. Dari hasil tersebut, hanya orientasi pasar yang berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Namun, secara simultan, saluran distribusi dan orientasi pasar berpengaruh terhadap kinerja pemasaran dengan kontribusi sebesar 15,8%. Sisanya, 84,2%, dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini atau faktor eksternal lainnya.
Copyrights © 2025