Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk pendidikan karakter dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy, dengan fokus pada representasi tokoh utama, Ayna. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dan analisis isi. Hasil kajian menunjukkan bahwa novel ini memuat sejumlah nilai karakter utama, di antaranya nilai religius, kejujuran, tanggung jawab, kedisiplinan, kerja keras, kepedulian sosial, dan cinta damai. Nilai-nilai tersebut diinternalisasikan melalui alur cerita, konflik, dialog, serta keteladanan tokoh, sehingga menjadikan novel ini sebagai media pembelajaran karakter yang relevan dan aplikatif bagi generasi muda, khususnya dalam konteks pendidikan Islam. Temuan ini menguatkan pentingnya pemanfaatan karya sastra Islami sebagai sarana alternatif untuk memperkuat pendidikan karakter yang menyentuh aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pembaca.
Copyrights © 2025