Journal in Teaching and Education Area
Vol. 2 No. 2 (2025): JITERA - Journal in Teaching and Education Area

Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Ekspresi

Purnama, Nanang Dwi (Unknown)
Damayanti, Rini (Unknown)
Ariani, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas XI SMA Negeri 6 Surabaya melalui penerapan metode pembelajaran berbasis ekspresi. Latar belakang penelitian ini adalah kesulitan siswa dalam mengungkapkan gagasan, memilih diksi yang tepat, dan menyusun struktur puisi secara efektif. Penelitian ini mengikuti model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes tertulis, dokumentasi puisi siswa, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis ekspresi secara signifikan meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa, terutama dalam pengembangan gagasan, variasi diksi, koherensi struktural, dan ekspresi emosi. Pada siklus I, skor rata-rata adalah 75 dengan 82,9% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Setelah penyempurnaan pada siklus II, skor rata-rata meningkat menjadi 87 dengan 100% siswa memenuhi atau melampaui KKM. Dengan demikian, metode pembelajaran berbasis ekspresi terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi sekaligus menumbuhkan rasa percaya diri, kreativitas, dan kepekaan estetika siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jitera

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal in Teaching and Education Area is a double-blind, peer-reviewed, open-access journal in the Education and Teaching area. This journal is initialled as JITERA. JITERA journal provides an academic forum for researchers interested in discussing current and future educational and teaching ...