Studi ini berfokus kepada seberapa efektif mata kuliah Komunikasi Lingkungan di dalam merubah perilaku mahasiswa Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang untuk bertindak prolingkungan. Penelitian ini menghubungkan beberapa variable yaitu pengetahuan, sikap, hambatan, dan perilaku melalui metode pendekatan kuantitatif . jumlah populasi sebanyak 110 mahasiwa dan ditentukan sample 86 sample mahasiswa dihasilkan dari rumus Slovin, data yang diperoleh berupa kuesioner secara online. Hasil menunjukkan bahwa pengetahuan memiliki peran yang penting dalam mengurangi hambatan (koefisien jalur = 0,58) dan berdampak langsung pada perilaku pro-lingkungan (koefisien jalur = 0,451). Sikap juga memengaruhi perilaku (koefisien jalur = 0,198) dan secara moderat mengurangi hambatan (koefisien jalur = 0,289). Hambatan juga berdampak negatif pada perilaku (koefisien jalur = -0,25) dan memediasi hubungan antara pengetahuan Penelitian ini mengusulkan penggunaan teknologi digital, kolaborasi dengan pemangku kepentingan, kegiatan lapangan, dan kurikulum yang lebih relevan. Intervensi pendidikan lingkungan yang tepat dapat memberdayakan siswa sebagai agen pembawa perubaha
Copyrights © 2025