Banyak penelitian yang mengemukakan tentang penanaman nilai-nilai islami sebagai upaya penanaman karakter pada anak. Akan tetapi saat ini masih banyak ditemukan bahkan menjadi topik permasalahan pada anak-anak adalah menurunya tingkat moralitas dan perilaku. Bahkan anak-anak usia dini sudah banyak melakukan kekerasan bahkan kriminalitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan deskripsi atau gambaran untuk guru agama dalam menerapkan nilai-nilai islami atau nilai-nilai keagamaan. Menggambarkan kegiatan yang dilakukan sebagai upaya pengintegrasian nilai aqidah,akhlak dan ibadah. Dalam studi kasus pada penelitian ini mengenai strategi guru agama dalam menerapkan nilai-nilai islami yang melibatkan siswa siswi kelas satu sampai kelas enam yang dilakukan dalam lembaga formal yaitu sekolah di sekolah dasar Negeri 1 Sendang Asri. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan keagamaan, pembiasaan merupakan kegiatan penting dalam penanaman suatu nilai. Selain kegiatan diluar kelas guru juga memiliki peranan penting dalam kegiatan pembelajaran. pemilihan metode serta media yang tepat akan menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran. Sehingga dengan kegiatan keagamaan, pembelajaran dan pembiasaan di sekolah dalam menanamkan arti nilai-nilai aqidah,akhlak dan ibadah kepada anak
Copyrights © 2025