Ilmu Nahwu merupakan fondasi utama dalam cabang linguistik bahasa Arab yang mulai berkembang sejak abad pertama Hijriyah. Seiring waktu, ilmu ini mengalami perkembangan pesat, yang terlihat dari banyaknya karya-karya ilmiah yang mengulas berbagai metode dalam nahwu. Selain itu, sejak abad kedua Hijriyah, mulai bermunculan berbagai aliran dengan pendekatan masing-masing, seperti aliran Basrah, Kufah, Bagdad, Andalusia, hingga Mesir yang berkembang sampai abad kelima Hijriyah. Dalam konteks perkembangan keilmuan di era modern, para pakar bahasa Arab telah melakukan berbagai usaha reformulatif dan simplifikasi terhadap struktur bahasa Arab agar lebih mudah dipahami oleh peserta didik, baik dari wilayah Arab maupun dari luar kawasan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan penjelasan mengenai konsep Tawābi’ dan Quyūd, serta mengidentifikasi metode pembelajaran yang tepat bagi siswa tingkat menengah, termasuk bagaimana penerapannya secara efektif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memperluas wawasan para pendidik dan peserta didik dalam bidang ilmu nahwu, khususnya pada pembahasan Tawābi’ dan Quyūd, melalui pendekatan pembelajaran yang relevan dan aplikatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan mengkaji berbagai sumber literatur, serta mengaitkannya dengan bentuk implementasi di masyarakat dalam konteks penerapan ilmu nahwu, khususnya terkait topik Quyūd dan Tawābi’
Copyrights © 2025