JURNAL REKAYASA INFORMASI SWADHARMA (JRIS)
Vol 5, No 2 (2025): JURNAL JRIS EDISI JULI 2025

PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING UNTUK REKOMENDASI LOKASI PENEMPATAN MEDIA PROMOSI INTERNET SERVICE PROVIDER

Hamzah, M. Fadilah Ibnu (Unknown)
Pariddudin, Adiat (Unknown)
Ghaniy, Rajib (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

Due to the high demand for Internet network connections, there are now several choices of Internet Service Providers (ISPs) that offer various Internet service features for public use. ISPs conduct promotional activities by placing promotional media, such as billboards, at various locations to market their products. The problem faced by ISPs is the limited detailed information about the billboards’ locations. ISPs have difficulty determining the exact location for placing billboards. Because the process of collecting data related to location details is still done manually. The purpose of this study is to provide recommendations for selecting the location for placing promotional media billboards using the Simple Additive Weighting (SAW) method to increase effectiveness and efficiency. The data collection method is descriptive-analytical and related to detailed location information. Ten detailed location points were collected, which will later be used as billboard placement locations by ISP Biznet. The criteria used in SAW are Price, Billboard Size, Traffic Flow, Visibility, Traffic Light Distance, and Exposure Duration, resulting in an accuracy value calculated using Spearman’s Rank correlation getting a result of 0.66 in the “High” category, which means that there is a significant change in the ranking of promotional media location recommendations between the previous method and after using the SAW method.Internet merupakan hal yang cukup penting di era saat ini, internet dianggap mampu untuk memfasilitasi berbagai macam aktifitas dan juga pekerjaan di berbagai kalangan masyarakat. Di tengah tingginya kebutuhan jaringan internet, kini tersedia beberapa platform Internet Service Provider (ISP) yang menyediakan berbagai fitur layanan internet yang bisa digunakan oleh masyarakat. Beberapa ISP melakukan kegiatan promosi dengan dengan cara menempatkan media promosi di berbagai titik lokasi untuk memasarkan produk yang mereka tawarkan, namun masih terbatasnya informasi mengenai lokasi dan informasi rinci mengenai media lokasi cukup menyulitkan pihak ISP untuk menentukan titik lokasi penempatan media promosi yang tepat dikarenakan proses pengumpulan data terkait detail lokasi masih dilakukan secara manual. Dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW), maka permasalahan terkait pemilihan titik lokasi penempatan media promosi tersebut dapat dilakukan dengan cara yang lebih efektif dan efisien dengan menggunakan beberapa proses yang terpadat dalam metode SAW. melalui metode pengumpulan data yang bersifat deskriptif-analisis yang berkaitan dengan informasi detail lokasi, dikumpulkan 10 detail titik lokasi yang nantinya akan digunakan sebagai lokasi penempatan media promosi oleh ISP Biznet. Hasil perhitungan yang dari metode SAW mendapatkan kenaikan akurasi sebesar 61,47% dari perhitungan manual dan hasil perhitungan tersebut akan digunakan untuk penerapan sistem danakan digunakan oleh ISP Biznet sebagai sarana untuk menentukan titik lokasi penempatan media promosi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jris

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh LPPM ITB Swadharma. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dengan topik Big Data, Sistem Informasi Berbasis Komputer, Data Mining, Data Scientists, Enterprise Architecture, Enterprise Resource ...