Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi literasi guru SMA dan SMK di wilayah Jabodetabek melalui pelatihan penulisan akademik dan kreatif dengan menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR). Pelatihan dilaksanakan secara daring selama empat minggu melalui sesi webinar, klinik penulisan, dan pendampingan. Sebanyak 45 guru berpartisipasi aktif dalam seluruh tahapan, meliputi identifikasi kebutuhan, pelaksanaan pelatihan, refleksi, dan evaluasi. Materi pelatihan mencakup penulisan artikel populer dan ilmiah serta pemanfaatan teknologi seperti Quillbot, Grammarly, dan Canva. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 88% peserta memahami materi, 80% mampu menulis secara mandiri, dan 70% siap memublikasikan karya mereka. Program ini juga berhasil membentuk komunitas literasi antarguru dan mendorong terciptanya proyek literasi siswa. Kegiatan serupa dapat diperluas dengan fokus pada publikasi dan strategi literasi digital untuk memperkuat peran guru sebagai agen literasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025