Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an
Vol. 12 No. 2 (2025): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)

Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik / Vak Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Sekolah Dasar

Ayu Arisma, Sevilinda (Unknown)
Fihayati, Zuyyina (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar kognitif matematika siswa Sekolah Dasar. Metode pada penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif jenis asosiatif. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar kuisioner gaya belajar yang telah lolos uji validitas dan reliabilitas. Populasi dan sampel ialah seluruh siswa kelas IV SD N 2 Tamanasri berjumlah 11 anak. Berdasarkan uji regresi linier sederhana diperoleh hasil nilai sig. < α, yaitu 0.000 < 0.050 artinya terdapat pengaruh secara signifikan dan positif antara gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik / VAK terhadap hasil belajar kognitif matematika. Besarnya pengaruh X terhadap Y ditunjukkan pada uji koefisien determinasi sebesar 77,3%. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini membuktikan gaya belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif matematika siswa sekolah dasar. Untuk memastikan setiap siswa dapat belajar dengan baik, guru dituntut agar mampu mengintegrasikan ketiga gaya belajar pada proses pengajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

es

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an published scientific paper of the research result and literature review in the scope of elementary education and learning. Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an publishes scientific writings from the literature ...