Penelitian ini mengeksplorasi pola publikasi dan tren penelitian tentang Self-Regulated Learning (SRL) dalam konteks pendidikan global dengan menggunakan pendekatan analisis bibliometrik. Data diekstrak dari database Scopus, yang mencakup artikel yang diterbitkan antara tahun 2013 dan 2023. Dengan menggunakan VOSviewer, analisis ini memetakan jaringan kepenulisan bersama, kolaborasi internasional, dan kemunculan bersama kata kunci untuk mengidentifikasi penulis, institusi, negara, dan kelompok tematik yang paling berpengaruh. Temuan ini mengungkapkan bahwa penelitian SRL ditopang oleh konstruk psikologis dasar seperti motivasi, metakognisi, dan efikasi diri, sementara secara bersamaan berkembang ke bidang-bidang yang sedang berkembang seperti pembelajaran daring, analisis pembelajaran, dan sistem instruksional adaptif. Amerika Serikat, Jerman, Cina, dan Belanda mendominasi kontribusi global, meskipun negara-negara berkembang semakin banyak berpartisipasi dalam wacana ini. Hamparan kata kunci secara temporal menunjukkan pergeseran penting menuju lingkungan pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi, terutama sebagai respons terhadap pergeseran global menuju pendidikan digital. Studi ini memberikan wawasan strategis ke dalam struktur intelektual dan arah masa depan penelitian SRL, yang menekankan pentingnya pendekatan interdisipliner, perspektif lintas budaya, dan metodologi berbasis data dalam memajukan bidang ini.
Copyrights © 2025