Sanskara Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 3 No. 02 (2025): Sanskara Pendidikan dan Pengajaran (SPP)

Pola Publikasi dan Tren Riset tentang Self-Regulated Learning dalam Konteks Pendidikan Global

Judijanto, Loso (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pola publikasi dan tren penelitian tentang Self-Regulated Learning (SRL) dalam konteks pendidikan global dengan menggunakan pendekatan analisis bibliometrik. Data diekstrak dari database Scopus, yang mencakup artikel yang diterbitkan antara tahun 2013 dan 2023. Dengan menggunakan VOSviewer, analisis ini memetakan jaringan kepenulisan bersama, kolaborasi internasional, dan kemunculan bersama kata kunci untuk mengidentifikasi penulis, institusi, negara, dan kelompok tematik yang paling berpengaruh. Temuan ini mengungkapkan bahwa penelitian SRL ditopang oleh konstruk psikologis dasar seperti motivasi, metakognisi, dan efikasi diri, sementara secara bersamaan berkembang ke bidang-bidang yang sedang berkembang seperti pembelajaran daring, analisis pembelajaran, dan sistem instruksional adaptif. Amerika Serikat, Jerman, Cina, dan Belanda mendominasi kontribusi global, meskipun negara-negara berkembang semakin banyak berpartisipasi dalam wacana ini. Hamparan kata kunci secara temporal menunjukkan pergeseran penting menuju lingkungan pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi, terutama sebagai respons terhadap pergeseran global menuju pendidikan digital. Studi ini memberikan wawasan strategis ke dalam struktur intelektual dan arah masa depan penelitian SRL, yang menekankan pentingnya pendekatan interdisipliner, perspektif lintas budaya, dan metodologi berbasis data dalam memajukan bidang ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

spp

Publisher

Subject

Education

Description

Sanskara Pendidikan dan Pengajaran dengan nomor registrasi E-ISSN 2985-752X (Online) dan P-ISSN 2986-5875 (Cetak) adalah jurnal akademik yang memfokuskan pada topik-topik terkait Pendidikan dan Pengajaran di Indonesia dan Asia Tenggara. Jurnal ini diterbitkan tiga kali setahun (Februari-Mei, ...