Bagimu Negeri : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 9, No 1 (2025)

PENGARUH DISKUSI DALAM KELOMPOK MENGGUNAKAN STRATEGI BELAJAR MODEL JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA

Azzahroh, Jauzaa Syariifah (Unknown)
Satria, Dadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh diskusi dalam kelompok menggunakan strategi pembelajaran Jigsaw terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan membagi siswa ke dalam kelompok asal dan kelompok ahli. Siswa dalam kelompok ahli mempelajari dan mendiskusikan bagian tertentu dari materi, kemudian menyampaikan kembali informasi tersebut kepada kelompok asal mereka. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan Mann-Whitney U-Test untuk membandingkan kemampuan berbicara siswa sebelum dan sesudah penerapan model Jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan model Jigsaw memiliki peningkatan signifikan dalam keterampilan berbicara dibandingkan dengan metode ceramah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model Jigsaw efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa karena memberikan kesempatan untuk berpartisipasi aktif, berpikir kritis, dan berkomunikasi secara kooperatif dalam diskusi kelompok.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bagimunegeri

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Environmental Science Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

Bagimu Negeri : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JBN) merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat yang menjadi wadah ilmiah untuk Kegiatan Pengabdian, dengan nomor E-ISSN 2548-866X dan P-ISSN 2548-8651 adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh lembaga penelitian dan pengabdian ...