Kuliah kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan pengabdian mahasiswa ke masyarakat dengan tujuan untuk memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan desa. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing UMKM Olahan Tahu pak,,, melalui Inovasi produk serta pemasaran berbasis digital. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan study kasus, melibatkan observasi, wawancara dengan pemilik usaha UMKM olahan tahu. Hasil pengabdian masyarakat ini diharapkan bahwa inovasi dalam pengembangan produk menjadi berbeda guna upaya meningkatkan daya saing di pasar modern. Selain itu penggunaan media sosial seperti WhatsApp dan Facebook terbukti efektif dalam memperluas jangkauan pasar dan peningkatan interaksi dengan konsumen. Beberapa faktor yang mempengaruhi daya saing UMKM ini meliputi kualitas produk dan harga yang konsisten, Inovasi produk olahan, serta strategi pemasaran yang tepat.
Copyrights © 2025