Public speaking merupakan keterampilan yang penting, terutama bagi para pendidik, karena public speaking yang cakap memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan selama pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menilai pentingnya kemampuan public speaking seorang guru sebagai faktor penting dalam memfasilitasi efektivitas proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan metodologi tinjauan pustaka dengan menggunakan pendekatan analisis isi untuk memeriksa beberapa sumber pustaka yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan public speakingyang cakap memungkinkan guru untuk menumbuhkan keintiman dengan siswa, membangun kepercayaan dan motivasi siswa, menyampaikan informasi secara efisien, memengaruhi perubahan sikap serta perilaku siswa, dan meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran. Unsur-unsur retorika seperti ethos, pathos, dan logos terbukti berperan penting dalam membentuk komunikasi guru yang efektif. Implikasi dari temuan ini menegaskan perlunya pelatihan keterampilan public speaking secara berkelanjutan bagi para guru, baik dalam program prajabatan maupun dalam pengembangan profesional berkelanjutan. Dengan demikian, penguasaan keterampilan public speaking tidak hanya memperkuat kompetensi pedagogik guru, tetapi juga memberikan dampak yang signifikan terhadap kualitas pembelajaran dan pengembangan karakter siswa
Copyrights © 2025