Jurnal DIALEKTOLOGI
Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Dialektologi

PENGARUH MODEL DEEP DIALOGUE/CRITICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KAYUAGUNG

Juniarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model deep dialogue/critical thinking terhadap kemampuan menulis teks negosiasi. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 dan X TKJ 2 SMK Negeri 1 Kayuagung Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun ajaran 2019. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 22 dan dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil uji rata-rata tes awal kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas eksperimen 65,97 dan tes akhir 78,22. Nilai rata-rata awal kelas kontrol 64,20 dan tes akhir 74,91. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol yakni 78,22>74,91. Berdasarkan hasil analisis pertama menunjukkan bahwa thitung (3,197) lebih tinggi dari ttabel (1,667) dengan derajat keabsahan 68 (df 68) pada taraf signifikansi probability di bawah 0,05 atau 0,000<0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model deep dialogue/critical thinking memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa SMK Negeri 1 Kayuagung

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Dialektologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April ...