Jurnal DIALEKTOLOGI
Vol. 6 No. 2 (2021): Jurnal Dialektologi

MODEL PEMBELAJARAN MENULIS DENGAN PENDEKATAN PROSES-GENRE BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Helaluddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2021

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang bersifat produktif yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi bagi mahasiswa. Untuk alasan itulah, pengajar diharapkan mampu menyajikan pembelajaran menulis yang dapat merangsang minat dan bakat mereka terhadap aktivitas menulis, khususnya dalam menulis akademik. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan oleh pengajar adalah pendekatan proses genre yang merupakan pendekatan gabungan antara pendekatan proses dan genre yang telah dinyatakan sebagai pendekatan terbaik oleh para pakar bahasa. Artikel ini mengulas tentang desain model pembelajaran menulis dengan menggunakan pendekatan tersebut dengan menonjolkan aspek kearifan lokal sebagai salah satu upaya dalam memperkenalkan dan mempertahankan budaya sekitar bagi mahasiswa. Desain model pembelajaran ini memiliki empat sintaks (langkah-langkah pembelajaran), yaitu: (1) mengenali bentuk teks, (2) menganalisis struktur teks, (3) mendiskusikan isi teks, (4) menulis tekas secara mandiri, (5) menyempurnakan teks, dan (6) memublikasikan teks

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Dialektologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April ...