Buguh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 4 No. 4 (2024): Desember 2024

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BRANDING DAN PEMASARAN GULA SEMUT DENGAN PEMANFAATAN E-COMMERCE DI PEKON PENENGAHAN KECAMATAN LEMONG : Pemberdayaan Masyarakat melalui Branding dan Pemasaran Gula Semut dengan Pemanfaatan E-commerce di Pekon Penengahan Kecamatan Lemong

Laviola, Mahasiswa KKN Univeristas Lampung (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Gula semut dibuat dari sari nira tanaman pohon aren yang membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan pembuatan gula merah. Gula semut merupakan salah satu olahan daerah di Pekon Penengahan, digunakan sebagai barang dagangan lokal, namun tanpa pemasaran dan kemasan yang baik produksi dan penjualannya sedikit. Salah satu tujuan penulisan artikel ini untuk Pekon Penengahan adalah meningkatkan penjualan gula semut di Pekon Penengahan dan membuat jalan Gula Semut Penengahan dikenal di luar Pekon, terutama dengan mendidik pengrajin membuat semut pada perluasan pasar melalui pasar yang menarik dan promosi. Penulisan artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model deskriptif. Hasilnya masyarakat yang memproduksi gula semut telah terbentuk marketplace yang menjual gula semut KTH Aren Sejahtera Pugung Penengahan. Artikel ini terbatas pada pelaksanaan KKN Desa Penengahan Periode 1 2023.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

buguh

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

BUGUH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat menerima manuskrip atau artikel dalam bidang pengabdian masyarakat dari berbagai kalangan ...