ihyaulum
Vol 3 No 1 (2025): Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal

Implementasi Pembelajaran Outdoor dalam Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kreativitas Anak

Sari, A. Suryang (Unknown)
Mulyadi, Mulyadi (Unknown)
Nasaruddin, Nasaruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran outdoor dalam Kurikulum Merdeka dan menganalisis dampaknya terhadap peningkatan kreativitas anak usia dini kelompok B di TK Islam Terpadu As-Sunnah Makassar. Latar belakang penelitian ini berangkat dari terbatasnya pelaksanaan kegiatan pembelajaran di luar ruangan yang hanya dilakukan di sekitar lingkungan sekolah karena kendala perizinan dari yayasan, padahal Kurikulum Merdeka mendorong pembelajaran kontekstual dan eksploratif yang dapat menumbuhkan kreativitas anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas kepala sekolah, lima guru, sepuluh peserta didik, dan lima orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pembelajaran outdoor masih terbatas pada area sekitar sekolah, kegiatan tersebut berkontribusi positif terhadap perkembangan kreativitas anak, seperti meningkatnya keberanian dalam mencoba hal baru, kemampuan eksplorasi, dan munculnya ide-ide kreatif. Namun, keterbatasan ruang gerak dan fasilitas menjadi hambatan dalam mengoptimalkan pembelajaran outdoor. Oleh karena itu, diperlukan kerja sama antara guru, orang tua, dan yayasan untuk mendukung perluasan akses anak terhadap kegiatan pembelajaran luar ruangan yang lebih bermakna dan berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ihyaulum

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal is a research-based journal that contains the latest issues in educational development in the field of Early Childhood Education. This journal is published by the Early Childhood Education Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and ...