ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan
Vol 5, No 1 (2025): Juni 2025

Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi E-Pustaka dalam Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa ISI Yogyakarta

Nurcahyadi, Iyut (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2025

Abstract

Dalam penelitian ini membahas tentang efektivitas pemanfaatan aplikasi e-pustaka dalam meningkatkan minat baca mahasiswa. Metode yang dipakai menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi e-pustaka dalam meningkatkan minat baca berdasarkan EPIC model serta hambatan yang dihadapi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data digunakan metode Creswell. Hasil penelitian ini adalah: pertama, sosialisasi menjadi kunci keberhasilan layanan e-pustaka, dengan sosialisasi pemustaka akan mengetahui dan tertarik untuk memanfaatkan koleksi e-pustaka, mereka akan download aplikasi, instalasi, dan aktivasi akun. Sosialisasi atau penyuluhan dapat dilaksanakan secara tatap muka dan secara virtual atau melalui zoom sehingga peserta akan lebih banyak tanpa terbatas kapasitas ruangan. Kedua, dengan e-pustaka layanan menjadi lebih efektif karena dapat diakses dimana saja dan kapan saja, tidak tergantung pada layanan konvensional saat jam kerja, sehingga membawa dampak minat baca mahasiswa meningkat.  E-pustaka juga menjadi media belajar bagi mahasiswa karena sumber informasi dapat diakses menggunakan smartphone. Ketiga, pemanfaatan layanan e-pustaka membutuhkan kompetensi pustakawan, seperti keterampilan berkomunikasi, mempunyai etika dalam pelayanan, mampu menggunakan teknologi informasi, dan mempunyai literasi yang cukup terhadap sumber-sumber informasi atau database yang dilanggan maupun tidak dilanggan oleh perpustakaan. Effectiveness of E-Pustaka Application Utilization in Increasing Reading Interest of ISI Yogyakarta Students. This study discusses the effectiveness of utilizing the e-library application in increasing students' interest in reading. The method used uses a qualitative descriptive approach. This study aimed to determine the utilization of the e-library application in increasing interest in reading based on the EPIC model and the obstacles faced. Data collection techniques through interviews, observation, and documentation. Creswell's method was used to analyze the data. The results of this study are: First, socialization is the key to the success of e-library services, with socialization, the library users will know and be interested in utilizing the e-library collection, they will download the application, installation, and account activation. Socialization or counselling can be conducted face-to-face and virtually or through zoom so that more participants will be without limited room capacity. Secondly, e-library services have become more effective because they can be accessed anywhere and anytime, not depending on conventional services during working hours, thus increasing students' interest in reading. is also a learning media for students because information sources can be accessed using smartphones. Third, the utilization of e-library services requires librarian competencies, such as communication skills, having ethics in service, being able to use information technology, and having sufficient literacy of information sources or databases subscribed or not subscribed by the library. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JAP

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Abdi Pustaka merupakan jurnal yang diterbitkan oleh UPT Perpustakaan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Dipublikasikan kali pertama pada tahun 2021, Jurnal Abdi Pustaka adalah jurnal hasil pemikiran, gagasan, dan penelitian bidang ilmu perpustakaan dan kearsipan. Sebelum diterbitkan setiap ...