Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKN
Vol 1, No 1 (2014): Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA PPKn FKIP UNSRI PADA MATAKULIAH PSIKOLOGI SOSIAL MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GALLERY WALK

Umi Chotimah (FKIP Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
25 May 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar mahasiswaprogram studi PPKn FKIP Unsri dalam proses pembelajaran Psikologi Sosial melaluipenerapan metode pembelajaran Gallery Walk. Metode penelitian yang digunakanadalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus,masing-masing siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini seluruhpeserta matakuliah PS semester III tahun 2013/2014 yang berjumlah 48 orang. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode Gallery Walk dapatmeningkatkan keaktifan belajar mahasiswa program studi PPKn FKIP UNSRI dalamperkuliahan PS. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan keaktifan belajar mahasiswasebelum PTK sebesar 48%, pada akhir siklus pertama meningkat menjadi 70,9%, danpada akhir siklus kedua meningkat menjadi 91,7% dari total mahasiswa. Selain itu jugameningkatkan  hasil belajar mahasiswa yaitu  64,44 %  mendapat nilai A, 31 %  nilai B,dan 5 % nilai C

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jbti

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Bhineka Tunggal Ika (BTI), p-ISSN 2355-7265, is an online peer-reviewed journal and aims to provide a forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to civics education or PPKn. Bhineka Tunggal Ika consists of high-quality technical manuscripts on ...