Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKN
Vol 1, No 2 (2014): Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

PENGARUH PENERAPAN METODE RECIPROCAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN KEWARGANEGARAAN (CIVIC KNOWLEDGE) SISWAPADA MATAPELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 1 TANJUNG RAJA

Meliana Meliana (Universitas Sriwijaya)
Umi Chotimah (FKIP Universitas Sriwijaya)
Emil El Faisal (FKIP Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2014

Abstract

Penelitian ini  berjudul “Pengaruh Penerapan Metode Reciprocal Teaching dalam Meningkatkan Pengetahuan Kewarganegaraan (Civic Knowledge) Siswa Pada Matapelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Tanjung Raja.” Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa di SMP Negeri 1 Tanjung Raja berjumlah 593 orang. Teknik sampling yaitu purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.5 berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan VIII.4 berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 1 Tanjung Raja. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan angket. Teknik tes dilaksanakan dua tahap yaitu tes awal dan akhir. Pada kelas eksperimen tes awal siswa memiliki kemampuan cukup baik dengan persentase 64,26% dan tes akhir menunjukan peningkatan yaitu 81,63%. Pada kelas kontrol tes awal 69,89% dan tes akhir 77,91%. Teknik analisa data menggunakan SPSS versi 21 untuk uji hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test. Dari hasil pengolahan data dan analisis hasil penelitian diketahui pengetahuan kewarganegaraan siswa meningkat dengan kriteria baik yaitu uji-t menunjukan thitung >ttabel yaitu 4,389 >1,645. Selanjutnya respon siswa terhadap metode reciprocal teaching menunjukkan katagori baik dengan persentase 83,33%.Oleh karena itu penerapan metode reciprocal teaching dapat dijadikan salah satu metode pembelajaran untuk meningkatkan Pengetahuan Kewarganegaraan siswa).

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jbti

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Bhineka Tunggal Ika (BTI), p-ISSN 2355-7265, is an online peer-reviewed journal and aims to provide a forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to civics education or PPKn. Bhineka Tunggal Ika consists of high-quality technical manuscripts on ...