Hadirnya program magang/praktik kerja MSIB menjadi peluang bagi mahasiswa calon guru untuk mengembangkan kompetensi pedagogik melalui pengalaman magang. Fenomena beragamnya mitra dan posisi magang mahasiswa PGSD menyebabkan dilakukannya penelitian ini untuk untuk menggali lebih dalam keselarasan antara pengalaman magang mahasiswa PGSD di berbagai mitra dan posisi magang dengan pengembangan kompetensi pedagogik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi fenomenologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara kepada 17 orang informan dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa mitra dan posisi magang berpengaruh terhadap keselarasan antara pengalaman magang dengan pengembangan kompetensi pedagogik. Keselarasan antara pengalaman magang dengan kompetensi pedagogik berpengaruh terhadap penguasaan aspek-aspek kompetensi pedagogik seperti, pemahaman landasan kependidikan, pemahaman karakteristik peserta didik, pengembangan kurikulum, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan memfasilitasi potensi peserta didik.
Copyrights © 2025