Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Controversial Issues terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada matapelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Prabumulih. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Prabumulih yang berjumlah 612 siswa dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yaitu kelas XI.SOS.1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa dan kelas XI.SOS.2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi dan observasi, sedangkan teknik analisa data dengan menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Controversial Issues terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada matapelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Prabumulih. Hal ini terbukti dari hasil analisis rerata observasi kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen diperoleh rerata 75% yang dikategorikan kritis sedangkan kelas kontrol diperoleh rerata 66% yang dikategorikan cukup kritis. Berdasarkan analisis data uji kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar  .000 yang berarti nilai Sig (2-tailed) < α .05, maka Ho ditolak.
Copyrights © 2015