Penelitian ini mengenai dampak penerapan model pembelajaran multiliterasi berbasis kearifan lokal terhadap Mata Kuliah Sastra Klasik Kalimantan Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penerapan model pembelajaran multiliterasi berbasis kearifan lokal terhadap mata kuliah Sastra Klasik Kalimantan Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penerapan pendekatan pembelajaran, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Penelitian ini dikelompokan dalam tiga tahap, yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap pengolahan data. Pada tahapan persiapan dilakukan studi pendahuluan, identifikasi masalah dan rumusan masalah. Pada tahapan pelaksanaan pertama yaitu dilakukan pretest pada kelas kontrol dan eksperiment selanjutnya pada kelas kontrol dilakukan pembelajaran secara konvesional dan pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan Pembelajaran Multiliterasi Berbasis Kearifan Lokal. Setelah mendapatkan pembelajaran, kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan postest. Pada tahapan pengolahan data, hasil pretes, postest, observasi, skala sikap serta wawancara dilakukan analisis dan tahapan terakhir yaitu menyimpulkan hasil. Berdasarkan hasil pengolahan data dan temuan-temuan dalam penelitian ini, dihasilkan analisis bahwa mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan Multiliterasi Berbasis Kearifan Lokal secara signifikan memiliki pengetahuan tentang Sastra Klasik Kalimantan Barat lebih baik dibandingkan denganĀ Mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.
Copyrights © 2025