Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh keinginan terhadap kekayaan (love of money) dan motivasi individu terhadap profitabilitas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dengan orientasi kewirausahaan sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Objek penelitian difokuskan pada UMKM yang beroperasi di Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, dengan penerapan teknik random sampling dalam menentukan responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel cinta uang, motivasi, dan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Selain itu, cinta uang dan motivasi juga berpengaruh positif terhadap orientasi kewirausahaan. Lebih lanjut, orientasi kewirausahaan berperan sebagai variabel mediasi dalam hubungan antara motivasi dan profitabilitas, namun tidak memediasi hubungan antara cinta uang dan profitabilitas.
Copyrights © 2025