Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen : Jurnal Ilmiah Multi Science
Vol 16, No 01 (2025): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen

PENGARUH STORE LAYOUT DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI UMPRI MART TAHUN 2024

Arifin, Arifin (Unknown)
Pranoto, Gusti Adi (Unknown)
Purwanto, Purwanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2025

Abstract

UMPRI Mart merupakan bisnis ritel milik PT. Sinar Surya UMPRI yang berdiri sejak tahun 2022 dan berlokasi di lingkungan Universitas Muhammadiyah Pringsewu. Meskipun masih baru dalam industri ritel, UMPRI Mart menunjukkan pertumbuhan yang positif, dengan peningkatan penjualan sebesar 6,5% pada tahun 2024. Hal ini mencerminkan keputusan pembelian konsumen yang sesuai target. Strategi diferensiasi melalui penataan store layout dan manajemen harga yang tepat menjadi kunci dalam menarik minat konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store layout dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen di UMPRI Mart. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik non-probability sampling dan jumlah responden sebanyak 96 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda dan uji hipotesis melalui SPSS versi 25. Hasil uji t menunjukkan bahwa store layout (t = 5,164) dan harga (t = 5,109) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (ttabel = 1,989). Uji F menunjukkan fhitung = 3538,000 ftabel = 3,09. Nilai Adjusted R Square sebesar 99% menunjukkan bahwa store layout dan harga secara simultan berpengaruh kuat terhadap keputusan pembelian konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIEM

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Multi Science received manuscripts which contains scientific on the results of critical thinking or research in various topics include of management, accounting, economic development, and social ...