Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKN
Vol 4, No 1 (2017): Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN PPKn DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PALEMBANG

Merza Yuwanda (Universitas Sriwijaya)
Umi Chotimah (FKIP Universitas Sriwijaya)
Sri Artati Waluyati (FKIP Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran PPKn di kelas VIII SMP Negeri 1 Palembang. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik data kuantitatif dengan metode penelitian komparatif menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa setelah mengalami proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran AIR terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran PPKn di Kelas VIII SMP Negeri 1 Palembang, terbukti dari hasil rata-rata nilai tes yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 90,00 daripada yang diperoleh kelas kontrol yaitu 86,61. Berdasarkan hasil uji hipotesis statistik uji-t di mana dari hasil analisis data tes diperoleh p value = .004 <α (.005), dengan demikian menolak Ho dan menerima Ha.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jbti

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Bhineka Tunggal Ika (BTI), p-ISSN 2355-7265, is an online peer-reviewed journal and aims to provide a forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to civics education or PPKn. Bhineka Tunggal Ika consists of high-quality technical manuscripts on ...