Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)
Vol. 13 No. 1 (2025)

Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Terhadap Minat Menjadi Guru Melalui Efikasi Diri Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan FEB UNESA

Alifia Annisa Faharani (Unknown)
Dwi Yuli Rakhmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) terhadap minat mahasiswa untuk berprofesi sebagai guru, dengan efikasi diri sebagai variabel perantara. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya (FEB UNESA), dengan jumlah sampel sebanyak 170 orang yang dipilih menggunakan teknik proportionate random sampling. Metode analisis yang digunakan mencakup regresi linier sederhana dan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa PLP tidak berpengaruh langsung secara signifikan terhadap minat menjadi guru,  PLP memiliki pengaruh signifikan terhadap efikasi diri, efikasi diri juga berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru. Secara tidak langsung, PLP berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru melalui efikasi diri sebagai variabel intervening. Keywords: PLP; Efikasi Diri; Minat Menjadi Guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptn

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran di bidang pembelajaran pendidikan bisnis/tata niaga serta di bidang ilmu bisnis dan perniagaan yang dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), lembaga pendidikan tinggi, serta dunia usaha dan dunia industri yang meliputi: Pembelajaran ...