Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, dan Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas XI SMA Wiyata Dharma Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 75 siswa dengan pengambilan sampel Non Probability Sampling dengan sampling jenuh atau sensus. Penelitian menggunakan metode analisis deskriptif dan statistik yang menggunakan alat analisis regresi linear berganda, pengujian parsial, dan pengujian simultan. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui pembagian kuesioner kepada responden, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel Motivasi Belajar, Kompetensi Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar serta variabel Fasilitas Belajar berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Hasil Belajar. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, Kompetensi Guru memiliki pengaruh terhadap Hasil Belajar mata pelajaran TIK siswa kelas XI SMA Wiyata Dharma Medan. Hasil uji Adjusted R2 menunjukkan bahwa variabel Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, dan Kompetensi Guru mampu menjelaskan variabel Hasil Belajar sebesar 63,8%.
Copyrights © 2025