Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 13 No. 2 (2024)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH

line, Ade (Unknown)
Hajar, Siti (Unknown)
Akbar, Muhammad (Unknown)
Sugijo, Paulus Gatot Dwi L (Unknown)
Purba, Rispah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2025

Abstract

Keterampilan proses sains (KPS) dan sikap ilmiah berperan penting ada penguasaan sains karena siswa akan lebih mendalami konsep materi menggunakan benda-benda langsung dan mengerjakan kegiatan secara langsung. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan ingin mengetahui bagaimana hubungan KPS dan sikap ilmiah serta peningkatannya menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian digunakan kuasi eksperimen dengan melaksanakan penelitian secara kuantitatif dengan menganalisis KPS dan sika ilmiah. Instrument penelitian menggunakan tes KPS dan sikap ilmiah. Penelitian dilaksanakan di sekolah Mts Muhammadiah Jayapura. Populasi penelitian seluruh kelas VIII. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh sampel sejumlah 26. Pembelajaran menggunakan inkuiri terbimbing terbukti dapat meningkatkan KPS dan sikap ilmiah serta memiliki hubungan yang signifikan antara keduanya. Hasil analisis peningkatan KPS dan sikap ilmiah menunjukkan berada pada kategori sedang dengan katalain mengalami peningkatan. Penelitian ini sangat bermanfaat baik bagi pendidik maupun calon peneliti selanjutnya untuk mendapatkan hasil belajar serta menumbuhkan suasana belajar yang kondusif.

Copyrights © 2024