Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Reading to Learn dan summary terhadap hasil belajar dan keterampilan literasi kimia siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan, dengan sampel kelas XI Matlangraf sebanyak 35 siswa, dipilih dengan teknik probability sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen berupa soal pilihan ganda untuk hasil belajar dan soal uraian untuk literasi kimia yang tervalidasi. Analisis data menggunakan uji korelasi Pearson dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Reading to Learn berpengaruh terhadap literasi kimia (signifikansi 0,008; koefisien korelasi 0,441). Summary tidak berpengaruh terhadap hasil belajar (signifikansi 0,142; koefisien korelasi 0,253). Secara simultan, Reading to Learn dan summary berpengaruh terhadap literasi kimia (Sig. F Change 0,026), tetapi tidak berpengaruh terhadap hasil belajar (Sig. F Change 0,336).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025