Media interaktif merupakan alat penghubung berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang memungkinkan terjadinya interaksi dua arah antara peserta didik dengan materi atau guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengkaji kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites terintegrasi kecerdasan buatan pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan model Lee Owens yang mengadopsi kerangka pengembangan ADDIE melalui lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites terintegrasi kecerdasan buatan layak secara konseptual dan prosedural berdasarkan hasil validasi ahli materi (88,50%) dan ahli media (89,30%), dinilai oleh guru (90,6%), dan diujicobakan secara individu (88,66%) serta kelompok kecil dengan respon peserta didik (89,3%) yang semuanya menunjukkan hasil sangat baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif telah memenuhi semua tahap pengembangan sampai dengan uji coba kelompok kecil dengan hasil sangat baik.
Copyrights © 2025