Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dipadukan dengan pendekatan kecerdasan majemuk terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan asam basa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian sebanyak satu kelas siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan lembar observasi kecerdasan majemuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dipadukan dengan pendekatan kecerdasan majemuk berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Temuan tersebut menunjukkan bahwa perpaduan pendekatan tersebut efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep asam basa. Oleh karena itu, model pembelajaran ini direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran kimia guna meningkatkan prestasi belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025