Media sosial menjadi sarana utama di kalangan masyarakat dalam mencari informasi. Efektivitas media sosial dalam memenuhi kebutuhan informasi bergantung pada beberapa faktor diantaranya kredibilitas, terpaan media, kemanfaatan, jenis konten, dan selektivitas informasi. Tujuan penelitian untuk menentukan metode dan pendekatan yang tepat dalam menganalisis faktor-faktor tersebut sehingga dapat digunakan sebagai dasar pengoptimalan pemanfaatan media sosial. Penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review) dengan pendekatan PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analysis) yang menyaring 6446 artikel dari berbagai sumber dan menghasilkan 35 artikel yang paling relevan untuk dijadikan bahan acuan untuk melakukan penelitian dalam menganalisis pemenuhan kebutuhan informasi pada media sosial. Dari kajian ini didapatkan bahwa kredibilitas adalah faktor yang paling sering dibahas dalam literatur. Metode analisis yang paling umum digunakan adalah uji regresi linear sederhana, dan media sosial yang paling sering dijadikan sebagai objek penelitian adalah Instagram. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dalam penelitian mengenai pengoptimalan pemenuhan kebutuhan informasi pada media sosial.
Copyrights © 2025