Bakpia sangat diminati oleh wisatawan yang berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai oleh-oleh khas kota ini yang memberikan peluang bagi para produsen bakpia di kota Yogyakarta untuk memperluas pangsa pasarnya, tidak hanya di luar kota melainkan juga ke luar polau jawa. Manajemen pemasaran yang tepat perlu diterapkan untuk meraih peluang tersebut, yang tidak hanya dilakukan dengan menggunakan media promosi konvensional tetapi juga merambah ke pemasaran berbasis digital. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada Bakpia Sekeco sebagai salah satu produsen Bakpia di kota ini dengan untuk meningkatkan pangsa pasar Bakpia Sekeco dengan membuat redesign kemasan baru yang lebih menarik dan mengoptimalkan penggunaan media sosial seperti Tiktok Shop, Instagram dan Shopee. Metode atau tahapan kegiatan yang dilakukan adalah dengan melakukan wawancara Mitra Bakpia Sekeco, melakukan sosialisasi, pelatihan dan pendampingan serta evaluasi. Hasil evaluasi yang dilakukan dengan uji pre test dan post test kepada mitra, diperoleh peningkatan kemampuan manajemen pemasaran sebesar 26%. Hasil ini mempertegas bahwa intervensi pengabdian berbasis digital marketing mampu meningkatkan kesiapan dan daya saing Bakpia Sekeco di pasar yang lebih luas secara signifikan.
Copyrights © 2025