Indonesian Journal of Health Science
Vol 5 No 3 (2025)

Pendidikan kesehatan melalui permainan ular tangga untuk meningkatkan pengetahuan jajanan sehat pada siswa/i sekolah dasar negeri di Aceh Besar

Maulida, Rizka (Unknown)
Diba, Farah (Unknown)
Satria, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2025

Abstract

Latar Belakang: Anak usia sekolah masih pada masa pertumbuhan dan perkembangan sehingga memerlukan nutrisi yang baik di sekolah. Jajanan sehat sangat penting bagi anak-anak usia Sekolah Dasar (SD), mengingat mereka belum sepenuhnya memahami pentingnya memilih makanan yang sehat dan bergizi. Penulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran peningkatan pengetahuan siswa/i di SDN mengenai jajanan sehat melalui permainan Ular Tangga. Metode: Metode kegiatan dimulai dengan pengumpulan data melalui wawancara Wali Kelas, kuesioner nutrisi, serta FGD (Focus Grup Discussion) pada 10 siswa/i, selanjutnya penentuan peserta kegiatan yang berjumlah 16 siswa/i sebagai kelompok yang diberikan pendidikan kesehatan melalui permainan ular tangga dan 26 siswa/I sebagai kelompok yang diberikan edukasi jajanan sehat melalui media Leaflet.  Hasil: Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test memperlihatkan bahwa pengetahuan jajanan sehat pada kelompok permainan Ular Tangga mengalami peningkatan pada kategori baik sebanyak 31,2% dan kelompok Leaflet mengalami peningkatan pengetahuan di kategori baik sebanyak 23,1%. Peningkatan pengetahuan siswa/i tentang jajanan sehat pada kelompok Ular Tangga lebih tinggi dari pada kelompok Leaflet. Rekomendasi: UKS sekolah dan Puskesmas agar dapat memberikan media yang lebih menarik seperti permainan Ular Tangga dan permainan lainnya untuk pendidikan kesehatan dilingkungan sekolah agar anak lebih interaktif dan semangat dalam menangkap materi Pendidikan Kesehatan yang diberikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijhs

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Veterinary

Description

Indonesian Journal of Health Science is a place for disseminating research results in the field of health, including, but not limited to topics of public health, environmental health, occupational health, pharmacy, nutrition, epidemiology, medical laboratories, physiotherapy, or other general ...