Penggunaan teknologi digital dalam pendidikan vokasi menjadi kebutuhan untuk mendukung pembelajaran yang lebih efektif dan relevan dengan tuntutan industri. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji validitas serta efektivitas aplikasi Slido sebagai media pembelajaran interaktif pada Elemen Konstruksi dan Utilitas Gedung. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan dengan sampel 21 siswa kelas XI DPIB 2. Hasil validasi dari ahli materi, media, dan praktisi menunjukkan rata-rata skor 4,3 pada skala Likert, yang termasuk dalam kategori "sangat layak". Implementasi Slido dalam pembelajaran menunjukkan peningkatan pemahaman siswa, motivasi belajar, dan keterlibatan siswa dalam diskusi mencapai 100%. Fitur-fitur interaktif seperti polling, Q&A, dan kuis terbukti efektif dalam menciptakan pembelajaran yang menarik dan kolaboratif. Kata Kunci : Aplikasi Slido, Media Pembelajaran Interaktif, Pendidikan Vokasi, Konstruksi Dan Utilitas Gedung.
Copyrights © 2025