Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis nearpod sebagai pelengkap dari media pembelajaran yang telah ada pada elemen gambar teknik di SMKN 1 Pariaman. Latar belakang penelitian ini mencakup terbatasnya penggunaan media interaktif berbasis teknologi, rendahnya keterlibatan siswa, serta asesmen yang masih dilakukan secara konvensional. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model DDDE (Decide, Design, Develop, Evaluate). Instrumen penelitian meliputi angket validasi, angket kepraktisan, soal pretest dan posttest untuk aspek kognitif, serta rubrik penilaian keterampilan untuk aspek psikomotor. Hasil validasi menunjukkan bahwa media Nearpod sangat valid, dengan skor Aiken’s V sebesar 0.86 < 0.96 oleh ahli materi dan media. Kepraktisan media memperoleh persentase sebesar 95% dari guru dan 91% dari siswa. Efektivitas pembelajaran dianalisis menggunakan uji-t dan perhitungan N-Gain, yang menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek kognitif siswa di kelas eksperimen 77% dibandingkan kelas kontrol 64%. Penilaian aspek psikomotorik melalui rubrik keterampilan menunjukkan peningkatan kemampuan siswa kelas eksperimen dalam menggambar teknik secara manual dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan Nearpod. Dapat disimpulkan, bahwa Nearpod terbukti valid, praktis, dan efektif sebagai media pembelajaran tambahan yang mampu meningkatkan hasil belajar dan keterampilan siswa pada elemen gambar teknik, serta menghadirkan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan adaptif di era digital
Copyrights © 2025