Pertambahan penduduk dan jumlah kendaraan setiap tahun dapat memicu peningkatan volume kendaraan dan berkontribusi terhadap kemacetan lalu lintas. Ruas Jalan Adinegoro merupakan salah satu jalan utama yang memiliki volume lalu lintas yang cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik arus lalu lintas melalui pendekatan dua model matematis yaitu model Greenshields dan Greenberg untuk mengetahui hubungan volume, kecepatan dan kepadatan serta menentukan model yang paling sesuai dengan kondisi eksisting lalu lintas. Metode Greenshields mengasumsikan hubungan kecepatan dan kepadatan yang linier. Sedangkan, model Greenberg termasuk dalam metode pemodelan non-linier karena menggambarkan hubungan antara kecepatan dan kepadatan dengan fungsi logaritmik bukan linier seperti pada model Greenshields. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Greenberg memberikan nilai koefisien determinasi (r2) yaitu 0,840 yang memiliki arti bahwa kesesuaian model sebesar 84%. Sedangkan pada model Greenshields koefisien determinasinya (r2) diperoleh 0,786 dengan kesesuaian model 78,6%. Besar koefiesien determinasi berkisar antara -1 sampai +1, jika semakin mendekati +1 berarti hubungan antar variabel dapat dikatakan sempurna. Sehingga dari nilai r2 tersebut dapat disimpulkan bahwa model yang paling mendekati kondisi eksisting lalu lintas yaitu model Greenberg.
Copyrights © 2025