Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 6, No 1 (2024)

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Materi Komposisi dan Dekomposisi Bangun Datar Matematika Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi

Amalia, Rahma Ega Amalia (Unknown)
Yuanta, Friendha Yuanta (Unknown)
Juwariyah, Siti Juwariyah Juwariyah (Unknown)
Sudiartini, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran penting dalam pendidikan dasar. Namun, banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti perbedaan kesiapan belajar, gaya belajar, dan minat peserta didik.Permasalahan terkait pembelajaran ini adalah nilai peserta didik masih banyak yang belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Dari nilai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang ditetapkan sekolah, yaitu 75 hanya 40% peserta didik yang mendapatkan nilai diatas 75. Oleh karena itu peneliti menerapkan pembelajaran diferensiasi yang dapat membantu mengatasi kesulitan belajar matematika pada peserta didik, karena pembelajaran ini telah mengakomodasi kebutuhan belajar yang beragam pada peserta didik dengan menyediakan berbagai pilihan belajar yang sesuai dengan gaya belajar, minat, dan kemampuan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi matematika komposisi dan dekomposisi bangun simetri data dan asimetris peserta didik kelas IV SDN Dukuh Kupang V Surabaya sebelum dan sesudah menerapkan strategi pembelajaran diferensiasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Dukuh Kupang V Surabaya yang berjumlah 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menerapkan strategi pembelajaran diferensiasi diperoleh skor rata-rata 52,0 % sedangkan setelah menerapkan strategi pembelajaran diferensiasi skor rata-rata meningkat menjadi 88,3%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran diferensiasi berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Dukuh Kupang V Surabaya pada mata pelajaran Matematika materi komposisi dan dekomposisi bangun data simetris dan asimetris.Kata Kunci: Matematika, Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

trapsila

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal Trapsila focuses on theoretical issues and pedagogical practices in elementary education. The Journal welcomes submissions on all aspects of Elementary Education in the form of articles that report original research, analyze practice, discuss local and national policy and initiatives, offer ...