Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 6, No 1 (2024)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SDN BABATAN IV SURABAYA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL

Hendriyani, Alifia Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning berbantuan media pembelajaran wordwall. Subjek dalam penelitian ini adalah 21 siswa kelas III B SDN Babatan IV Surabaya. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan proses pelaksanaan pembelajaran melalui model Problem Based Learning berbantuan media pembelajaran wordwall secara umum berjalan secara kondusif dan hasil belajar meningkat dari ketuntasan hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya 29% setelah siklus I dilaksankan menjadi 43% (meningkat 14%) dari sebelum tindakan, setelah dilakukan siklus II menjadi 95% (meningkat 52%) dari siklus I. Maka disimpulkan bahwa melalui model Problem Based Learning berbantuan media pembelajaran wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN Babatan IV Surabaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

trapsila

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal Trapsila focuses on theoretical issues and pedagogical practices in elementary education. The Journal welcomes submissions on all aspects of Elementary Education in the form of articles that report original research, analyze practice, discuss local and national policy and initiatives, offer ...