Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning berbantuan media pembelajaran wordwall. Subjek dalam penelitian ini adalah 21 siswa kelas III B SDN Babatan IV Surabaya. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan proses pelaksanaan pembelajaran melalui model Problem Based Learning berbantuan media pembelajaran wordwall secara umum berjalan secara kondusif dan hasil belajar meningkat dari ketuntasan hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya 29% setelah siklus I dilaksankan menjadi 43% (meningkat 14%) dari sebelum tindakan, setelah dilakukan siklus II menjadi 95% (meningkat 52%) dari siklus I. Maka disimpulkan bahwa melalui model Problem Based Learning berbantuan media pembelajaran wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN Babatan IV Surabaya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024