Teknik Mesin "TEKNOLOGI"
Vol 27, No 1 APR (2025): Jurnal Teknik Mesin TEKNOLOGI

Pengaruh Tuning Sistem Pengapian dan Sistem Bahan Bakar Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor Pengangkut Hasil Pertanian

Yusuf, Andi Zulfikar (Unknown)
Parenrengi, Syafiuddin (Unknown)
Kurniawan, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan melakukan tuning, tuning adalah melakukan efisiensi pembakaran dan meingkatkan respons mesin pada sepeda motor pengangkut hasil pertanian bermesin honda supra x dengan spesifikasi mesin 100cc, tuning pada sistem pengapian meliputi penggunaan CDI Unlimiter. Tuning pada sistem bahan bakar meliputi porting polish inlet atau saluran bahan bakar dengan menambah diameter sebesar 30mm. Penelitian ini menganalisis dampak modifikasi saluran inlet bahan bakar menjadi 30 mm dan penggunaan CDI unlimiter terhadap performa mesin Honda Supra X. Evaluasi dilakukan melalui dynotest untuk mengukur daya (HP) dan torsi (Nm) serta pengujian emisi menggunakan Engine Gas Analyzer pada berbagai tingkat RPM (1000–5000). Hasil Penelitian (1) Peningkatan HP terjadi secara konsisten di setiap level RPM dan terjadi peningkatan rata-rata 20.8% ; (2) Torsi meningkat rata-rata 13.3% dengan torsi tertinggi berada pada RPM 5000 yaitu 10.9 Nm; (3) Emisi CO₂ meningkat seiring dengan peningkatan suplai bahan bakar dan pengapian, namun masih dalam batas yang dapat diterima untuk motor non-EFI, Peningkatan Emisi CO₂ meningkat rata-rata 13.0%; (4) Hasil uji t menunjukkan peningkatan signifikan secara statistik (t < 0.05. hasil uji statistik menunjukkkan, tuning sistem pengapian dan bahan bakar memberikan dampak yang signifikan terhadap performa mesin, baik dalam hal tenaga, torsi, maupun emisi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan tenaga dan torsi secara signifikan setelah modifikasi, disertai dengan kenaikan emisi CO₂ yang masih dalam batas wajar

Copyrights © 2025