Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Peran Guru PPKn dalam menanamkan pendidikan karakter bagi siswa di smp negeri 4 samarinda, tantangan yang dihadapi oleh guruPPKn dalam menanamkan pendidikan karakter di smp negeri 4 samarinda dan metode atau strategi yang digunakan oleh guru PPKn dalam menanamkan pendidikan karakter di SMP Negeri 4 Samarinda. Jenis Penelitian kualitatif deskriptif penelitian ini dilakukan SMP Negeri 4 Samarinda yang terletak di jalan Ir. H. Juanda Kelurahan Air Putih Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. Subjek penelitian ini ialah Wakil Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Samarinda , Guru PKN SMP Negeri 4 Samarinda, dan siswa SMP Negeri 4 Samarinda dengan menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru ppkn dalam menanamkan nilai pendidikan karakter guru ppkn berperan aktif dalam membentuk karakter siswa melalui berbagai pendekatan, seperti keteladanan sikap, pengintegrasian nilai karakter dalam materi pelajaran, nilai-nilai yang ditanamkan meliputi kejujuran, disiplin, tanggung jawab, toleransi, dan cinta tanah air. strategi yang digunakan guru guru menggunakan strategi keteladanan, penguatan nilai melalui materi ajar, serta penilaian berbasis observasi perilaku siswa sehari-hari. momen-momen penting seperti upacara bendera dan peringatan nasional juga dimanfaatkan untuk menanamkan rasa nasionalisme. tantangan yang dihadapi beberapa tantangan dalam penanaman karakter meliputi pengaruh lingkungan luar sekolah, keterbatasan waktu interaksi dengan siswa, serta kurangnya sinergi antara pihak sekolah dan orang tua.
Copyrights © 2025