Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika interatif melalui macromedia flash yang valid, praktis dan efektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and develompment (R&D). Model pengembangan media ini pernah dikembangkan terutama berdasarkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 6 SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 36 orang. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan, diperoleh statistik dari validasi ahli materi dengan persentase rata-rata skor 91,96% berada pada kategori sangat valid, sedangkan hasil validasi media dengan persentase rata-rata skor 89,5% berada pada kategori sangat valid. Kepraktisan dilihat hasil persentase angket respon guru dengan persentase rata-rata 88,3% dan respon siswa dengan persentase rata-rata 75%, sehingga secara keseluruhan media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti berada pada kategori sangat praktis. Keefektifan media pembelajaran matematika interaktif melalui macromedia flash dinyatakan efektif meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 11 Medan dengan skor N-Gain dengan rata-rata sebesar 74,13.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025