Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMPN 27 Medan sekaligus untuk mengetahui ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis yang diajarkan dengan pendekatan matematika realistik dan pendekatan biasa. Desain penelitian ini menggunakan quasi-experimental designs berjenis nonequivalent control group designs dan dilaksanakan pada 29 Januari s.d. 12 Februari 2024 di SMPN 27 Medan. Dalam penelitian ini terdapat dua sampel, yaitu kelas VIII-3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan pendekatan matematika realistik sedangkan kelompok kontrol diajarkan dengan pendekatan biasa. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal pretest dan posttest yang berbentuk uraian yang disesuaikan dengan indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai sebesar dan nilai pada taraf signifikansi dengan derajat kebebasan 62 sebesar . Selanjutnya nilai nilai akan dibandingkan dengan . Karena , maka diterima dan ditolak sehingga disimpulkan bahwa pendekatan matematika realistik berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMPN 27 Medan. Selain itu, ketuntasan individual siswa yang diajarkan dengan pendekatan matematika realistik lebih baik daripada ketuntasan individual siswa yang diajarkan dengan pendekatan biasa.
Copyrights © 2025