Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penggunaan media sosial dan efikasi diriterhadap minat berwirausaha di era revolusi industri 4.0 pada mahasiswa Pendidikan Bisnis Stambuk2022 Universitas Negeri Medan. Populasi untuk penelitian ini terdiri dari 63 mahasiswa programstudi Pendidikan Bisnis kelas A dan kelas B. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling.Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah penggunaan media sosial yang mempunyai 20item pernyataan, efikasi diri 20 item pernyataan, dan minat berwirausaha 20 item peryantaan. Hasildari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial dan efikasi diri memiliki pengaruhterhadap minat berwirausaha. Bukti untuk hal tersebut dapat dilihat dari teknik analisis datadigunakan yakni dipakai Uji ̶ t, Uji ̶ F, Uji ̶ R2 dan analisis regresi linear berganda pengolahan datamenggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menjelaskan hasil uji parsial (uji ̶ t) penggunaan mediasosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa dengan nilaithitung > ttabel (2,072 > 1,669) dengan taraf signifikan 0,043 < 0,05. Terdapat pengaruh positif dansignifikan efikasi diri terhadap minat berwirausaha mahasiswa dengan nilai thitung > ttabel (6,330 >1,669) pada taraf signifikan 0,000 < 0,05. Secara simultan (uji ̶ f) pengaruh penggunaan media sosialterhadap minat berwirausaha mahasiswa dengan nilai hasil Fhitung 26,742 > Ftabel = 3,15 denganSig 0,000 < 0,05. Selanjutnya nilai koefisien determinasi (R2) 0,471 dan hasil analisis linearberganda yang diperole dari persamaan Y = 15,987 + 0,210(X1) + 0,539(X2) + e. Dapat disimpulkanpengaruh penggunaan media sosial dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha di era revolusiindustri 4.0 pada mahasiswa Pendidikan Bisnis Stambuk 2022 Universitas Negeri Medan sebesar47,1% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.
Copyrights © 2025