Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving LearningBerbantuan Question Card Berbasis Aplikasi Assemblr Edu untuk meningkatkan hasil belajar siswakelas X MP Di SMKS Budi Agung Medan T.A 2024/2025 pada elemen sistem informasi dankomunikasi organisasi. Metode penelitian menggunakan True Eksperiment dengan desain penelitianPosttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MPSKMS Budi Agung Medan T.A 2024/2025. Teknik pengambilan sampel menggunakan secaraSimple Random Sampling. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan peningkatan hasil belajar siswapada elemen sistem informasi dan komunikasi organisasi yang dibuktikan dari hasil perhitungan ujihipotesis (Independent Samples Test) diperoleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0.003 yanglebih kecil dari taraf signifikansi 0.05 (? < 0.05). Selain itu berdasarkan output group statistics,rata-rata (mean) nilai Posttest hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 90.80, sedangkanrata-rata nilai Posttest hasil belajar siswa pada kelas kontrol adalah 87.47. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Solving Learning Berbantuan Question CardBerbasis Aplikasi Assemblr Edu berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa padaelemen sistem informasi dan komunikasi organisasi kelas X MP Di SMKS Budi Agung Medan T.A2024/2025.
Copyrights © 2025